Selasa, 01 Maret 2011

Gedung Taipei 101 akan menjadi gedung tertinggi di dunia yang paling ramah lingkungan

Gedung Taipei 101 yang berada di Taiwan dulu pernah menjadi sebagai gedung tertinggi di dunia tetapi gelar itu telah hilang setelah adanya Burj Dubai.

Tapi bukan berarti mereka menyerah begitu saja dan rela melepaskan gelas sebagai gedung tertinggi di dunia.

Belum lama ini, Taipei 101 telah siap menggelontorkan uang sebesar US$ 1,8 juta (sekitar 18 milyar rupiah) untuk merebut kembali gelar tersebut.

Tentu saja yang dimaksud bukan mereka mencoba menambah lantai sehingga bisa melebihi Burj Dubai melainkan mereka mencoba mengambil gelar sebagai Gedung Tertinggi Di Dunia yang paling ramah lingkungan (world’s tallest green building).

Dengan uangnya itu, mereka akan melakukan renovasi besar-besaran dalam sistim untuk membuat gedung ini ramah lingkungan yang berarti juga hemat. Bahkan dalam hitungan mereka, setelah semuanya selesai, mereka dapat menghemat sekitar NT$ 20 juta (sekitar Rp. 6 milyar lebih) untuk biaya listrik dan energi lainnya.

Dalam 18 bulan ke depan, diharapkan semua perubahaan itu akan selesai. Nah, ini sepertinya lebih baik dibanding kita harus berlomba-lomba untuk membangun gedung tertinggi di dunia. :-)

Sumber berita
Taipei 101 To Be World’s Tallest Green Building

1 komentar: