Selasa, 20 April 2010

Perubahan Bentuk

PERUBAHAN BENTUK

Perubahan Dimensi
Suatu bentuk dapat diubah dengan mengganti salah satu atau beberapa dimensinya dengan tetap mempertahankan identitasnya sebagai anggota bagian dari suatu bentuk.

Picture18
Perubahan dengan Pengurangan
Suatu bentuk dapat diubah dengan mengurangi sebagian dari volumenya.
Tergantung dari banyaknya pengurangan, suatu bentuk mampu mempertahankan identitas asalnya atau diubah menjadi bentuk yang lain sama sekali.

Picture20
Perubahan dengan Penambahan
Suatu bentuk dapat diubah dengan menambah unsur-unsur tertentu kepada volume bendanya atau menghubungkan bentuk tambahan lain terhadap volume yang sudah ada.
Sifat proses penambahan serta jumlah dan ukuran relatif unsur yang ditambahkan akan menentukan apakah identitas bentuk asal dapat dipertahankan atau berubah.

Picture27

Penggabungan dua bentuk atau lebih adalah:
Gaya Tarik Ruang
Tipe hubungan ini terjadi karena kedua bentuk relatif berdekatan satu dengan yang lain, atau saling membagi/memberikan sifat visual umumnya seperti wujud, warna, atau material.


Hubungan Antar Sisi
Pada tipe dengan pertemuan antar sisi inl, maka bentuk-bentuk itu akan memiliki satu sisi bersama-sama dan dapat berporos pada sisi tersebut.

Picture12
Hubungan Antar Permukaan Bidang
Pada tipe pertemuan permukaan bidang ini, kedua bentuk memiliki bidang-bidang datar yang berhubungan dan terletak sejajar satu sama lain.


Ruang-ruang yang Saling Terkait
Pada tipe dengan volume-volume ruang yang saling berkaitan, bentuk-bentuk ruang tersebut saling menembus ke dalam masing-masing ruangnya. entukbentuk mi tidak perlu memiliki kesamaan visual.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar